Profil Mahasiswa dan Lulusan
Tahun Akademik | Daya Tampung | Jumlah Calon Mahasiswa Reguler | Jumlah Mahasiswa Baru | Jumlah Total Mahasiswa | Jumlah Lulusan
|
IPK
Lulusan Reguler |
Persentase Lulusan Reguler
dengan IPK : |
||||||||
Ikut Seleksi | Lulus Seleksi | Reguler bukan Transfer | Transfer(3) | Reguler bukan Transfer | Transfer(3) | Reguler bukan Transfer | Transfer(3) | Min | Rat | Mak | < 2,75 | 2,75-3,50 | > 3,50 | ||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) | (11) | (12) | (13) | (14) | (15) | (16) |
2011-2012 | 60 | 242 | 70 | 70 | 18 | 230 | 59 | 25 | 26 | 3,01 | 3,42 | 3,95 | 0 | 88 | 12 |
2012-2013 | 60 | 364 | 95 | 95 | 33 | 325 | 44 | 45 | 35 | 3,10 | 3,23 | 3,34 | 0 | 100 | 0 |
2013-2014 | 60 | 320 | 51 | 51 | 25 | 294 | 69 | 34 | 18 | 2,97 | 3,39 | 3,72 | 0 | 64,5 | 35,5 |
2014-2015 | 60 | 326 | 77 | 77 | 22 | 295 | 73 | 31 | 33 | 2,87 | 3,32 | 3,49 | 0 | 90,32 | 9,68 |
2015-2016 | 80 | 348 | 86 | 86 | 21 | 304 | 61 | 35 | 25 | 2,85 | 3,35 | 3,85 | 0 | 79,17 | 20,83 |
Jumlah | 320 | 1600 | 379 | 379 | 119 | 1448 | 306 | 170 | 137 |
Catatan:
TS:Tahun akademik penuh terakhir saat pengisian borang
Min: IPK Minimum; Rat:IPK Rata-rata; Mak:IPK Maksimum
Catatan:
(1) Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus).
(2) Mahasiswa program non-reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu.
(3) Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.
Prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir dibidang akademik dan non-akademik (misalnya prestasi dalam penelitian dan lomba karya ilmiah, olahraga, dan seni).
No. | Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan | Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional) | Prestasi yang Dicapai |
(1) | (2) | (3) | (4) |
1 | Karya Tulis Ilmiah Pengembangan Kewirausahaan 2015 | Tingkat Nasional | Diterima dan Dibiayai |
2 | Tadarrus Putra 2017 | Tingkat Universitas | 3 |
3 | Mahasiswa Berprestasi dan KTI 2017 | Tingkat Universitas | 2 |
4 | Juara I putra – putri Volly Ball 2015 | Tingkat Universitas | 1 |
5 | Takraw 2016 | Tingkat Universitas | 1 |
6 | Saritilawah 2016 | Tingkat Universitas | 3 |
7 | Jalan Santai 2016 | Tingkat Universitas | 2 |
8 | Lagu Solo Putra 2016 | Tingkat Universitas | 3 |
9 | Putri Hijab 2016 | Tingkat Universitas | Harapan I |
Jumlah mahasiswa reguler tujuh tahun terakhir
Tahun Masuk | Jumlah Mahasiswa Reguler per Angkatan pada Tahun* | Jumlah Lulusan s.d. TS
(dari Mahasiswa Reguler) |
||||||
TS-6 | TS-5 | TS-4 | TS-3 | TS-2 | TS-1 | TS | ||
(1) | (1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) |
TS-6 2009 | (a) =82 | 82 | 82 | 82 | 32 | 0 | (b)=0 | (c)=82 |
TS-5 2010 | 76 | 76 | 76 | 76 | 23 | 0 | 76 | |
TS-4 2011 | 70 | 70 | 70 | 70 | 9 | 61 | ||
TS-3 2012 | (d) = 95 | 95 | 95 | (e) = 95 | (f) =80 | |||
TS-2 2013 | 51 | 51 | 51 | |||||
TS-1 2014 | 77 | 77 | ||||||
TS 2015 | 86 |
Layanan kepada Mahasiswa
No. | Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa | Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya |
(1) | (2) | (3) |
1 | Bimbingan dan konseling | Bentuk Kegiatan Bimbingan & Konseling ;
Kegiatan bimbingan dan konseling dilaksanakan pada awal semesteran dan akhir semesteran. a. Pada awal semesteran ditujukan untuk membimbing mahasiswa dalam penentuan jumlah mata kuliah yang akan diprogramkan oleh mahasiswa dengan mempertimbangkan faktor-faktor psikologis yang dihadapi dan yang akan dihadapi oleh mahasiswa b. Pada akhir semesteran ditujukan untuk mengukur tingkat kemampuan mahasiswa dari jumlah mata kuliah yang telah diprogramkan dan hasil yang dicapainya, demikian pula faktor-faktor yang mempengaruhi IP yang telah diperoleh. c. Selain pelaksanaan bimbingan dan konseling akademik, beberapa mahasiswa juga melakukan konsultasi pribadi ketika mahasiswa mempunyai masalah dan membutuhkan nasehat atau bimbingan dari dosen. d. Semua kegiatan bimbingan dan konseling mahasiswa tercatat dalam kartu kontrol yang dipegang oleh masing-masing dosen
Hasil yang diharapkan dari Bimbingan dan Konseling ; · Mahasiswa dapat menentukan mata kuliah pilihan sesuai potensi akademiknya · IPK mahasiswa dan kepercayaan diri mahasiswa meningkat · Mahasiswa dapat menyelesaikan masalah pribadinya dan mendapatkan jalan keluar yang tepat.. |
2 | Minat dan bakat (ekstra kurikuler) | Bentuk Kegiatan ;
§ Mengoptimalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada bidang seni dan olahraga di fakultas dan universitas § Mendorong enterpreunership mahasiswa (pendampingan dan memagangkan pada unit usaha) § Meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dalam BEM dan organisasi ekstra lainnya.
Hasil ; § UKM berperan dalam berbagai kegiatan kampus seperti diesnatalis dan wisuda. § Mahasiswa Kewirausahaan berhasil memenangkan hibah PKMK Kopertis Wil IX § Mahasiswa Kewirausahaan telah memiliki unit usaha : pembibitan, penjualan dan rental tanaman. |
3 | Pembinaan soft skills | Bentuk kegiatan ;
§ Peningkatan keterampilan dan managemen kepemimpinan dasar mahasiswa (LDK) § Mengadakan kegiatan training ESQ § Melibatkan mahasiswa dalam bentuk kepanitiaan program studi, misalnya seminar, workshop, pelatihan dan lain-lainnya Hasil ; § Mahasiwa lebih mandiri dan mampu mengelola kegiatannya § Mahasiswa lebih mengenali potensi dirinya dan mampu mengelola “inner power” yang mereka miliki. |
4 | Beasiswa
|
Bentuk Kegiatan ;
Meningkatkan jumlah mahasiswa yang bisa memperoleh beasiswa Beasiswa diberikan kepada mahasiswa, baik yang bersumber dari : 1. Institusi 2. Bantuan pemerintah (Kopertis Wilayah IX) 3. Pemerintah Daerah
Pelaksanaan ; Sosialisasi jenis beasiswa dan persyaratan kepada mahasiswa baru Mengumumkan waktu dan syarat beasiswa yang sedang tersedia (PPA, BBM, Supersemar, BKM, TPSDP. BRI, BI)
Hasil ; Makin banyak jumlah mahasiswa yang mendaftar untuk memperoleh beasiswa dibandingkan dengan kebutuhan (kuota) |
5 | Kesehatan
|
Pemeliharaan kesehatan dimulai sejak mahasiswa mendaftar sebagai mahasiswa baru yang dilanjutkan dengan pemeliharaan secara rutin baik yang dilaksanakan oleh institusi maupun rumah sakit. |
6 | Lainnya, sebutkan. | –
|
Himpunan Alumni
Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan akademik program studi dalam bentuk:
- Bidang Pengembangan Pembelajaran, alumni memberi bantuan operasional perkuliahan seperti LCD, AC, dan mobil operasional. Selain itu Alumni menyediakan fasilitas ruangan, lahan dan kantornya sebagai tempat magang mahasiswa.
- Dalam bidang akademik, alumni PS membantu dalam memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan praktek umum maupun praktek lapang di Perusahaan Kehutanan maupun di Instansi lain yang terkait
- Partisipasi alumni dalam pengembangan jejaring dalam memberikan informasi untuk mendapatkan peluang beasiswa dan informasi tentang lowongan kerja.
- Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik berupa sumbangan LCD dan buku-buku teks.
- Sumbangan dana, dimana alumni berpartisipasi dalam memberikan bantuan dana untuk keperluan pengembangan akademik misalnya bantuan dana bagi kegiatan-kegiatan pembinaan kemahasiswaan
Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan non-akademik program studi dalam bentuk:
- Sumbangan dana, untuk membiayai perjalanan utusan mahasiswa/lembaga kemahasiswan mengikuti kegiatan nasional dan internasional
- Sumbangan fasilitas berupa pengadaan sarana kegaitan bakat dan minat mahasiswa,
- Dalam bidang akademik, misalnya alumni memberikan ceramah atau pelatihan soft skill kepada mahasiswa, biasanya dilakukan pada saat Penerimaan Mahasiswa Baru untuk memberikan informasi kebutuhan dan prospek kerja
- Partisipasi alumni dalam pengembangan jejaring, alumni membantu dalam memfasilitasi praktek mahasiswa tingkat akhir dan/atau penelitian seperti melakukan Praktek Umum pada Perhutani dan sebagainya
- Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik misalnya membantu menyediakan fasilitas praktek mata kuliah maupun penelitian untuk penyelesaian tugas akhir mahasiswa, baik di industri maupun di instansi pertanian lainnya.